Mau tahu caranya ikhlas, tontonlah MANTAN MANTEN


Ikhlas itu mudah, asal kita mau menerima keadaan, itu pesan moral yang tertangkap dari Filim Mantan Manten yang diperankan oleh Atiqah Hasiholan berperan sebagainYasnina. Gambaran seorang perempuan Jakarta yang keras dan berada terhempas jatuh ke dalam titik paling nadir dalam hidupnya.

Film ini menggambarkan dengan jelas kekuatan sekaligus kerapuhan hati Nina yang awalnya dihancurkan oleh calon mertuanya sendiri, berusaha dikuatkan oleh tunangannya yang mrncoba berbelok dari jalan yang dipilih oleh ayahnya yang diperankan oleh Arifin Putra sebagai Surya namun pada akhirnya juga tidak bisa mengelak dari takdir yang membuatnya mau tidak mau harus menerima dijodohkan dengan Salma, yang merupakan sahabat kecil ayahnya Surya.

Takdir dan perjalanan hidup dari awal ternyata telah menghantarkannya menjadi pemaes, adalah Ibu Marjanti yang ditemukannya dalam urusanmenyelesaikan masalahnya yang memberi syarat untuk menjual kembali rumahnya menghantarkannya menjadi tukang paes. Perempuan keraton dengan adat jawa yang sangat kental berhadapan dengan perempuan millenial Jakarta yang sangat bertolak belakang.  Awalnya Nina menolak, tapi lama lama jatuh sayang dengan ibu Marjanti yang dianggapnya seperti ibunya sendiri.

Masalah lainnya muncul ketika Pak Iskandar menginginkan Ibu Marjanti yang menjadi paes bagi pernikahan Putranya, dan Ibu Marjanti merekomendasikan Yasnina. Nina menerima sampsi dia akhirnya tahu bahwa dia akan menjadi paes dari orang yang masih dicintainya.
Sakit, patah hati, hancur berkeping jadi satu, remuk..sekuat kuatnya bertahan, Nina tetaplah perempuan biasa.

Film ini mengajarkan bagaimana ikhlas bisa membantu kita sembuh, lebih dari hanya sekedar move on tapi juga kita diajarkan bagaimana mencintai diri sendiri bisa menjadi solusi, tersenyum ketika mantan menikah dihadapan mata kita mungkin tak mudah, tapi setidaknya kita bangkit dengan energi positif.

#oh ya saya review ini di emperan bioskop Metropole sambil menunggu film selanjutnya hehe..

Comments

Popular posts from this blog

DESA SIMARMATA TERCINTA

Namaku Meyrist

YOGYAKARTA