Platform Chat Mobile TANYA MARLO Menggali Informasi seputar HIV/AIDS



UNAIDS INDONESIA Memperkenalkan "Tanya Marlo" chat-bot ramah untuk menjawab tantangan seputar HIV dan AIDS



Jakarta, 18 desember 2018

TANYA MARLO merupakan sebuah platform chat mobile yang terintegrasi dengan aplikasi LINE, merupakan kerjasama UNAIDS bersama Nimbly Technologies dan Biotika dengan karakter teman yang ramah bagi semua orang, fokus pada informasi seputar HIV dan AIDS.

Menurut Krittayawan {Tina) Boonto selaku Indonesia Country Director, TANYA MARLO ini dihadirkan untuk menjawabtantangan seputar HIV dan AIDS di Indonesia dengan cara memanfaatkan teknologi digital terutama bagi kaum millenial yang mungkin belum terjangkau dengan informasi yang benar seputar HIV dan AIDS.


Menurut data Kementerian Kesehatan RI, di Indonesia saat ini diperkirakan terdapat 640 000 orang yang hidup dengan HIV, yang mana diperkirakan baru 40 % ODHA yang mengetahui status HIV mereka. diketahui jumlah penderita HIV paling rentan antara umur 15 sampai 24 tahun dan mencapai angka 52 % dari totaal infeksi HIV baru.


Fitur ini menarik karena diciptakan menjadi fitur yang ramah terhadap penggunanya, tersedia edukasi dan informasi yang menarik antara lain; 
1. INFO TENTANG HIV AIDS YANG AKURAT
    Fitur ini menyediakan segala informasi seputar HIV AIDS yang disampaikan melalui konten konten menarik seperti artikel, infografis, perbandingan mitos dan fakta, dan video.
2. KUIS
Permainan kuis yang menyenangkan yang akan menantang pengetahuan dan pemahaman mengenai info HIV dan AIDS
3. KONSULTASI
Adanya kerjaama fitur dengan konselor terpercaya untuk saling berbagi informasi dan tanya jawab seputar HIV AIDS yang dimana kerahasiaannya dijamin.
4. TES HIV
Tanya Marlo memberikan keluwesan terhadap siapapun untuk bertanya dan mengakses informasi seputar HIV AIDS dan info info akurat tentang klinik yang menyediakan jasa tes HIV termasuk lokasi, tatacara dan jam operasional. terlebih bagi pengguna yang ingin melakukan tes HIV di Jakarta, dapat membuat temu janji online untuk melakukan tes HIV melalui TANYA MARLO.

Banyak ODHA yang nyaris tanpa teman. Minusnya dukungan dari lingkungan sekitar disebabkan karena masih banyaknya salah persepsi mengenai bagaimana ODHA ditularkan. inilah salah satu alasan mengapa banyak ODHA banyak yang tidak memiliki pemahaman mengenai kondisi mereka.

Hingga saat ini fitur LINE memiliki 90 juta pengguna dan 80% diantaranya merupakan generasi millenial. Hal tersebut mndasari TANYA MARLO mengapa memilih LINE sebagai platform chat karena dengan mudah dapat berinteraksi dan menambahkan @TanyaMarlo.

Selain itu melalui inovasi TANYA MARLO, UNAIDS membantu pencapaian komitmen Indonesia menuju Fast Track 2000, yakni 90 % orang yang hidup dengan HIV/AIDS mengetahui statusnya, dan 90% yang mengetahui statusnya bisa mengakses pengobatan , selanjutnya 90% yang ada dalam pengobatan memiliki jumlah virus dalam tubuh (viral load) yang tidak terdeteksi dan mewujudkan nol diskriminasi terhadap ODHA.





Comments

Popular posts from this blog

DESA SIMARMATA TERCINTA

Namaku Meyrist

YOGYAKARTA